7 Alasan Blogmu Sepi Komentar yang Perlu Kamu Hindari

Blog sepi komentar
Read Time3 Minutes, 47 Seconds

Siapa yang tidak senang ketika ada seseorang menulis komentar di blogmu? Apalagi kalau isi komentar tersebut bernada positif. Komentar dalam sebuah blog bisa dibilang sebagai salah satu indikasi kalau tulisanmu menarik dan layak untuk dibaca. Belum lagi ketika ada orang yang membagikan blog kamu di sosial media; blogmu akan semakin populer karena akan ada lebih banyak orang yang akan mengunjungi blog kamu.

Di sisi lain, menulis komentar di sebuah blog juga menjadi salah satu cara para blogger lain agar blog mereka dikenal dan dikunjungi banyak pembaca baru. Tapi, kira-kira kenapa, ya, jarang sekali atau hampir tidak ada orang pengunjung yang meninggalkan komentar di blog kamu? Berikut ini adalah 7 alasan blog sepi komentar:

1. Tidak Pernah Menulis Komentar di Blog Lain

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu mulai menulis komentar di blog lain. Salah satunya adalah menulis komentar pada blog orang lain. Hal ini bisa membantumu membangun relasi dengan blogger lainnya. Nah, relasi ini akan terbangun terutama kalau kamu sering memberi komentar di blog tersebut. Bukan tidak mungkin kalau si empunya blog akan semakin penasaran lalu mengunjungi blog kamu dan meninggalkan komentar di blogmu.
Selain akhirnya dikenal oleh pemilik blog tersebut, kemungkinan kamu akan dikenal dan dikunjungi blogger lainnya juga menjadi lebih besar. Yang harus kamu ingat, selain memberikan komentar yang baik, cobalah memberi komentar yang informatif. Bukan tidak mungkin kalau kamu juga akan memancing pembaca lain untuk mengunjungi blog kamu.

2. Tidak Pernah Membalas Komentar Pembaca

Blog sepi komentar

Oke, kamu sudah menulis komentar di blog lain dan akhirnya ada beberapa blogger yang mengunjungi blogmu dan menuliskan meninggalkan komentar. Apa yang harus kamu lakukan? Yup, meresponnya. Dengan membalas komentar pengunjung, artinya kamu menghargai komentar mereka. Membalas komentar pengunjung blog juga tentunya akan merangsang pengunjung lain untuk berkomentar karena pesan, feedback, ataupun pertanyaan mereka dijawab dan dihargai oleh kamu. Selain itu, kamu juga dapat membangun relasi dengan blogger lainnya.

3. Artikel Tidak Menarik

Blog sepi komentar

Banyak alasan mengapa blog sepi komentar. Salah satunya adalah karena konten yang kamu suguhkan tidak menarik. Namun sebetulnya, menarik atau tidaknya sebuah konten dalam blog itu bersifat relatif. Sebab, ada banyak tipe pembaca yang menyukai jenis tulisan atau format tertentu. Ada banyak blogger yang sebetulnya mempunyai konten yang menarik. Sayangnya, gaya bahasa yang digunakan tidak menarik, terlalu banyak struktur kalimat yang terlalu kompleks atau terlalu banyak typo sehingga pengunjung pun malas untuk membaca dan meninggalkan komentar di blogmu. Cobalah untuk membaca kembali artikel yang kamu buat sebelum kamu posting artikel tersebut di blog. Cek gaya bahasanya, struktur kalimatnya, dan tentunya perbaiki semua typo yang kamu buat.

4. Terlalu Banyak Pop-Up

Blog sepi komentar

Bagi sebagian orang, pop-up mungkin tidak menjadi masalah. Apalagi jika topik yang ditulis dalam artikel tersebut menarik. Tapi, untuk sebagian banyak orang lainnya, pop-up terbilang sangat mengganggu apalagi jika kamu terlalu banyak menggunakannya. Ditambah lagi, ketika pop-up tersebut sangat sulit untuk ditutup. Jangankan berkomentar, membaca konten yang kamu buat saja malas. Akhirnya, tidak sedikit pengunjung yang memutuskan untuk meninggalkan blogmu. Jadi, cobalah untuk lebih bijak dalam menyantumkan pop-up di blogmu.

5. Tampilan Blog Terlalu Ramai

Blog sepi komentar

Apa kamu mengaplikasikan banyak warna pada desain blog kamu? Apa kamu pakai jenis font yang sulit dibaca? Atau kamu terlalu banyak menggunakan animasi, gambar, dan gif dalam satu halaman blog? Kalau blogmu punya salah satu ciri tersebut, artinya blogmu terlalu ramai. Meski kontenmu terbilang bagus, tidak akan banyak orang yang tahan berlama-lama di blog kamu. Jangankan untuk meninggalkan komentar, untuk melihatnya saja mungkin sudah bikin orang sakit mata. Kalau kontenmu memang lebih banyak berupa gambar, cobalah untuk memilih tema desain blog yang sederhana dengan warna latar putih.

6. Register sebelum Komentar

Blog sepi komentar

Konten blog menarik, tampilan terlalu ramai, dan traffic pembaca pun cukup baik. Tapi kenapa masih saja blog sepi komentar? Coba kamu cek apakah kamu mewajibkan pengunjung lainnya untuk register sebelum berkomentar. Jika ya, kemungkinan besar itu masalahnya.

7. Pembaca Tidak Mengerti Isi Konten

Blog sepi komentar

Oke, sekarang semuanya sudah sempurna dan kamu pun membebaskan pengunjung untuk menulis komentar tanpa harus registrasi. Namun, sayangnya masih saja blog sepi komentar. Jadi apa yang salah? Kemungkinan, pengunjung blogmu tidak mengerti isi konten yang kamu buat. Solusinya, pastikan kamu tahu siapa target pembaca blogmu. Cara mudahnya, kamu bisa menganalisis traffic yang datang melalui Google Analytics, misalnya.


Nah, untuk kamu yang penasaran kenapa blog sepi komentar, coba cek poin-poin diatas. Selain itu, rajin-rajinlah mengecek siapa saja yang sudah mengunjungi blogmu agar kamu lebih mengenal siapa pembaca setia blogmu. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu meningkatkan komentar di blogmu, ya!
Sumber gambar: Pro Blogger, Videvo, Nathan K Nottingham, Work Stride, Level 360, Nea Today, The Odyssey Online, Shutterstock.

The post 7 Alasan Blogmu Sepi Komentar yang Perlu Kamu Hindari appeared first on C2live.

Source link

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Close