GeTI: Majukan Perindustrian Dalam Negeri Melalui Bisnis Online

making indonesia 4.0
Read Time2 Minutes, 39 Seconds

Sabtu, 19 Januari 2019 kemarin, C2live kembali berkumpul bersama dengan para blogger untuk mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Global Entrepreneur and Talent Incubator (GeTI) di Grand Slipi Tower, Jakarta Barat. GeTI sendiri merupakan bagian dari ATT Group, mitra global resmi dari Alibaba.com.

Tema yang diangkat pada meet-up kali ini adalah “Making Indonesia 4.0”. Adapun pembicara yang membawakan materi pengantar pada event kali ini adalah Bapak Oi Wicaksono, penanggung jawab Academic Fair dari GeTI.

Mungkin, beberapa di antara kamu ada yang bertanya-tanya, “Apa sih 4.0 itu?” Angka 4.0 ini merujuk pada “Industry 4.0”/revolusi industri ke-empat, sebutan untuk era perindustrian masa kini yang teknologi manufakturnya didominasi oleh tren otomasi dan pertukaran data. Karenanya, era ini sangat mengandalkan keterhubungan, sistem siber-fisik, dan real-time data.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, Kementerian Perindustrian RI telah merancang “Making Indonesia 4.0”, sebuah roadmap terintegrasi yang didedikasikan untuk mengimplementasikan sejumlah strategi untuk memasuki era Industry 4.0.

Peran Serta GeTi dalam Mewujudkan Making Indonesia 4.0

Untuk mewujudkan roadmap yang telah dirancang tersebut, Kemenperin berupaya merangkul beberapa pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri, hingga akademisi. Sehubungan dengan ini, GeTI pun turut melibatkan diri.

Sebagai penyedia program inkubasi bagi para bibit wirausahawan, GeTi sendiri memiliki tujuan untuk mencetak mereka menjadi global entrepreneur dan global marketer dengan memberikan pendampingan pada pelaku UMKM untuk mengeksplor potensi bisnis yang ada.

Menyadari kekuatan blogger untuk menyebarkan informasi sekaligus sebagai influencer. GeTI mencoba untuk memberikan pencerahan kepada mereka mengenai pentingnya literasi digital bagi pengembangan bisnis menuju Indonesia 4.0. Pasalnya, industri masa kini sudah berbasis internet. Dari situ, pelaku bisnis akan lebih mudah mendapatkan data-data yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Nah, hal inilah yang ingin didukung oleh GeTi. Karenanya, ia membuka kelas inkubasi untuk memberi bimbingan pada para pesertanya untuk membangun bisnis. Mulai dari menemukan produk yang tepat, ke mana produk tersebut harus dipasarkan, dan dengan metode seperti apa.

GeTI juga menekankan pentingnya memiliki daya saing global dalam menjalankan bisnis di masa kini, sehingga pelaku usaha perlu berani untuk berkolaborasi dan mengeksplorasi pasar ekspor. Dengan demikian, bisnis yang dijalankan pun bisa berkembang dengan lebih pesat dan bertransformasi dari B2C menjadi B2B.

Antusiasme Blogger

making indonesia 4.0

Meskipun materi yang dibawakan sangat menjurus ke bidang bisnis, blogger-blogger yang berpartisipasi pada event ini sangat antusias menyimak penjelasan yang dibawakan pembicara. Ternyata, beberapa dari blogger yang hadir juga memiliki usaha kecil yang dijalankan berdampingan dengan rutinitas blogging mereka.

Untuk membuat mereka semakin paham akan pentingnya go-digital dalam menjalankan bisnis, para blogger yang hadir diajak untuk menggunakan platform Detalase, sebuah situs untuk melakukan international dropship. Saat ini, Detalase sudah memiliki 2 juta produk yang siap dijual oleh pebisnis online Indonesia. Karena itu, pengguna dapat langsung menjalankan bisnisnya tanpa perlu memikirkan modal. Bahkan, dari urusan stok barang, pengiriman, dan customer service, smua akan diurus oleh tim Detalase. Praktis dan mudah sekali, bukan?

Melihat kesempatan menjadi onlinepreneur di depan mata, para blogger peserta pun semakin tertarik untuk mengulik fitur-fitur yang ditawarkan Detalase. Siapa tahu, ini bisa jadi kesempatan untuk memulai dropshipping yang menjanjikan.


Bagaimana, Bloggers? Apakah kamu juga tertarik untuk mendukung kemajuan perindustrian bangsa? Hal apa yang sudah kamu lakukan untuk mewujudkannya? Share pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Sumber gambar: Dok. C2live

The post GeTI: Majukan Perindustrian Dalam Negeri Melalui Bisnis Online appeared first on C2live.

0 0

About Post Author

0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Close