Prinsip-Prinsip Menata Layout Blog untuk Kamu Ikuti

Mendesain Blog Sendiri
Read Time5 Minutes, 10 Seconds

Seiring semakin tingginya minat akan blog, makin banyak saja blog-blog baru yang bermunculan di internet. Dari sekian banyak blog yang ada, tidak sedikit di antaranya yang menjadi terkenal karena memiliki customised theme. Tak bisa dipungkiri, desain khusus yang melekat pada tampilah blog memiliki andil yang cuku besar untuk menarik perhatian pembaca.

Namun demikian, mendesain blog sendiri bukanlah perkara mudah bagi sebagian besar blogger. Ujung-ujungnya, mereka malah harus membayar desainer untuk membuatkan desain blog yang tepat untuk mereka.

Di sisi lain, tidak sedikit pula jumlah blogger pemula yang walaupun tidak mengerti tentang dasar-dasar pembuatan desain blog atau website, malah berhasil membuat desain blog sesuai keinginannya berkat belajar secara otodidak. Hal itu bisa diupayakan dengan membaca, melihat video tutorial, dan bertanya-tanya seputar bagaimana cara mendesain blog. Jadi, sebenarnya sangat mungkin kok bagi pemula untuk mendesain blog sendiri!

Jika kamu masih ragu, yuk coba kita ulas sedikit hal ini. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini sudah banyak platform menyediakan berbagai tema menarik untuk blog. Tidak hanya tema berbayar, sejumlah platform pun menyediakan ratusan tema gratis yang bisa dimodifikasi.

Hal tersebut juga didukung dengan adanya fitur drag and drop untuk mengatur atau melakukan kostumisasi tema. Hal ini tentunya tentunya memudahkan pemula untuk mendesain atau memodifikasi blog sesuai keinginannya. Jadi, kamu tidak perlu pusing menghafal kode CSS, html, dan sebagainya, untuk memiliki tema yang sesuai dengan keinginanmu.

Meski terbilang mudah, ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum mulai mendesain blog sendiri. Ini dia tips dan triknya!

Mengenal Komponen Layout Blog

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips dan trik mendesain blog, yuk pahami dulu dasar-dasar dan istilah dalam mendesain blog diantaranya header, body, side bar, dan footer! Berikut penjelasannya:

Header

Header atau kepala blog merupakan bagian paling atas dalam sebuah desain blog. Pada bagian ini, biasanya terdapat identitas blog mulai dari logo, judul, hingga deskripsi blog kamu. Kamu juga bisa memodifikasi header dengan menambahkan tombol search, tombol media sosial, maupun banner. Biasanya modifikasi ini dilakukan sesuai selera blogger pemilik.

Post Blog

Post Blog merupakan konten yang berupa tulisan, foto, video, dan sebagainya. Pada bagian ini, biasanya akan menampilkan judul konten, isi konten, dan kolom komentar. Seperti pada header, kamu juga bisa memodifikasi post blog sesuai dengan selera. Misalnya, menghapus kolom komentar atau menambahkan tombol social media share.

Side Bar

Sesuai dengan mananya, side bar terletak di sisi kanan atau kiri badan blog. Bagian ini biasanya berisi daftar arsip konten yang diurutkan berdasarkan tanggal publish, popularitas konten, kategori, hingga profil. Ada beberapa blogger yang memilih untuk menampilkan side bar di kedua sisi, tetapi ada pula yang memilih untuk tidak menampilkanya sama sekali.

Footer

Footer merupakan bagian bawah blog. Pada bagian ini, biasanya terdapat informasi hak cipta. Kamu bisa menambahkan widget menarik mulai dari media sosial, blog post, maupun profil.

Tips Menata Layout Blog

Itu dia dasar-dasar yang harus kamu ketahui sebelum mendesain blog sendiri. Hal-hal di atas adalah bagian-bagian dasar yang ada dalam blog. Kamu dapat memodifikasi bagian-bagian tersebut berdasarkan tema atau template yang kamu pilih saat membuat blog. Berikut tips-nya:

Siapkan Waktu Khusus

Mendesain Blog Sendiri

Perlu waktu khusus untuk memilih tema mana yang paling pas dengan keinginanmu. Saat saya membuat blog, saya menghabiskan waktu satu hingga dua bulan untuk memilih tema yang paling tepat. Waktu memodifikasipun bisa dibilang cukup lama. Kuncinya, kamu dapat mencoba tema-tema tersebut sebelum kamu mem-publish blogmu. Jangan lupa untuk menyesuaikan tema dengan konten yang ingin kamu suguhkan. Dengan begitu, tema dan konten akan match dan tentunya blogmu akan terlihat jauh lebih menarik.

Modifikasi Tema

Mendesain Blog Sendiri

Di luar sana, banyak sekali tema yang mengikutsertakan penggunaan beragam widget yang tidak kamu butuhkan. Sebenarnya, ini merupakan hal yang patut kamu waspadai. Untungnya, beberapa widget tersebut bisa kamu hapus dengan mudah. Kamu juga bisa mengatur header, side bar, post blog, dan footer sesuai dengan keinginanmu.

Namun, jangan kaget jika sewaktu-waktu kamu menemukan hal tersebut tidak bisa dilakukan. Untuk tema-tema gratis, biasanya kamu hanya bisa mengedit beberapa bagian saja. Jadi, tidak semua widget atau bahkan kata-kata dapat kamu hapus. Contoh kecilnya biasanya ada pada bagian footer. Di bagian ini, desainer blog biasanya menyisipkan link yang mengarah ke situs profesional mereka.

Tips Memilih Warna, Font, dan Background

Mendesain Blog Sendiri

Sama seperti tulisan, desain yang menarik atau tidak itu bisa dibilang relatif. Namun, untuk sebuah blog, usahakan agar memilih background yang polos dengan warna yang netral. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat fokus membaca kontenmu. Pemilihan font pun harus diperhatikan. Jangan memilih jenis huruf yang sulit untuk dibaca karena itu akan menurunkan minat baca pengunjung blog kamu.

Lalu, Sebetulnya Apa Keuntungan Mendesain Blog Sendiri?

Mendesain Blog Sendiri

Selain untuk kepentingan estetika, seperti yang sudah disinggung di atas, blog desain custom memiliki potensi yang lebih besar untuk dikenal banyak orang. Pasalnya, keunikan dari tampilan sebuah blog mampu membangun kesan pertama yang relatif lebih kuat terhadap setiap pengunjungnya. Hal inilah yang kemudian membuat sebuah blog lebih mudah dikenali. Jika sudah begitu, tak heran kalau pembaca akan kembali mengunjungi blog tersebut dan mulai membaca konten yang kamu suguhkan.

Logika tersebut sangat patut kamu pertimbangkan. Namun begitu, jangan sampai kamu lupa dengan kualitas kontenmu. Biar bagaimanapun juga, pembaca tentu mengunjungi blogmu agar bisa mendapatkan informasi yang berguna. Di sini, kamu perlu menyadari bahwa desain blog yang menarik akan menunjang konten blog yang informatif. Jadi, sifatnya complementary.

Desain yang baik serta konten yang menarik tentunya dapat memancing para pembaca untuk menulis komentar, membagikan konten, dan tentunya kembali ke blogmu untuk membaca konten berikutnya. Semakin banyak kontenmu dibagikan maka semakin besar pula kemungkinan kamu untuk mendapatkan pembaca-pembaca baru. Setiap komentar yang ditulis oleh pembaca juga akan membantu kamu menaikkan trafik blogmu. Namun jika kualitas tulisan yang kamu sajikan tidak memuaskan, jangan harap blogmu akan disegani hanya karena tampilan visualnya.


Dalam proses memodifikasi tema, terkadang ada masa dimana kamu merasa stuck. Hal ini sangat wajar apalagi kalau kamu adalah seorang blogger pemula atau seseorang yang tidak mengerti dengan dunia desain website.

Namun, jangan sampai kamu patah semangat! Kuncinya adalah jangan takut untuk mencoba dan terus belajar dengan mencari referensi melalui artikel-artikel maupun video tutorial cara mendesain blog sendiri. Trik lain yang bisa kamu lakukan adalah memilih tema yang menyediakan tutorial khusus untuk memodifikasi tema tersebut. Selamat mencoba!

Sumber gambar: Agile Tech Consulting, Geno Quiroz, Grace Marshall, Dogster, Paint And Save, SEO Clerk.

The post Prinsip-Prinsip Menata Layout Blog untuk Kamu Ikuti appeared first on C2live.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Close